Jumat, 11 Januari 2013

Keledai


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Seorang petani yang tinggal di daerah sumatera selatan memiliki keledai satu-satunya sebagai alat angkutan sehari hari.Suatu hari keledai milik petani itu jatuh ke sumur.Hewan itu menangis memilukan selama ber jam jam,sementara si petani tidak tahu apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan keledai satu satunya itu.Segala upaya telah dicoba,tetapi tidak membuahkan hasil.
Akhirnya,setelah berdiskusi dengan saudaranya diperolah kesimpulan untuk membiarkan keledai di dalam sumur itu untuk di timbun.Alasannya hewan tersebut sudah tua dan tidak terlalu berguna lagi jika ditolong. Di pihak lain,sumur itu juga sebenarnya kurang produktif.Dengan demikian, menutup sumur bersama keledainya merupakan keputusan yang tepat.
Lalu ia mengajak tetangga tetangganya untuk dating membantu.Mereka dating membawa sekop,cangkul,dan peralatan lainnya lalu mulai menimbun tanah ke dalam sumur.Pada mulanya,ketika keledai menyadari bahwa ia akan dikubur,dia menangis penuh kengerian.Namun,lama kelamaan semua orang menjadi takjub ketika si keledai menjadi diam dan tidak berteriak lagi.
Setelah beberapa sekop tanah mulai dituangkan lagi ke dalam sumur,si petani melihat ke dalam sumur dan tercengan apa yang dilakukan oleh sang keledai. Sekali pun punggungnya terus menerus ditimpa oleh bersekop sekop tanah dan kotoran,si keledai melakukan sesuatu yang menakjubkan.Ia mengguncang-guncangkan badannya agar tanah yang menimpa punggungnya turun kebawah,lalu keledai menaiki tanah itu.Begitu seterusnya,tetangga-tetangga si petani terus menuangkan tanah ke atas punggung hewan itu,sedangkan si keledai juga terus mengguncang-guncangkan badannya dan melangkah naik hingga mendekati mulut sumur. Tak pelak lagi,semua orang terpesona ketika melihat si keledai melompati tepi sumur dan melarikan diri.
***
Dari kisah tersebut  dapat disimpulkan bahwa,setiap kita mempunyai masalah walaupun itu masalah yang sangat berat,sesungguhnya ada jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut asal kita berani bertindak dan ambil resiko.Teruslah berusaha untuk mencari jalan keluar tersebut,Pikirkan jalan lain atau cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah tersebut.Jangan hanya diam! diam saja tidak akan menyelesaikan masalah,apalagi menghindar dari masalah itu.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sumber: Parlingan Marpaung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar